IKOSINDO Summit 2018: Menjalin Sinergi, Mandiri Bersama Koperasi Syariah

Pagelaran Workshop dan Silatnas IKOSINDO SUMMIT 3 yang bertema Islamic Social Finance di Koperasi Syariah telah sukses dilaksanakan Insan Koperasi Syariah Indonesia (Ikosindo) Regional Jawa Timur. Acara yang diikuti ratusan peserta dari Koperasi Syariah dan BMT di seluruh Indonesia anggota Ikosindo itu digelar di GreenSA Inn UIN Sunan Ampel Surabaya, Selasa-Rabu (24-25 Juli 2018).

Peserta Ikosindo Summit 2018

Narasumber-narasumber handal membekali peserta dengan berbagai strategi untuk memajukan masing-masing lembaga selama dua hari. Diantaranya Bapak Iwan Agustiawan Fuad (BWI Bidang Kelembagaan), Dr. Raditya Sukmana (FEB UNAIR/ Dewan Pakar IKOSINDO), Bapak Imam Teguh Saptono (Global Wakaf), Ibu Munawarah (Asdep Pembiayaan Syariah Kementerian Koperasi & UKM), Bapak Nur Syamsudin Buchori (Badan Wakaf Indonesia Bidang Pembinaan & Pemberdayaan Nadzir) dan Bapak Deni Triesnahadi (Abu Syauqi).

Pentingnya menyinergikan langkah gerak kedepan untuk memperkuat kelembagaan koperasi syariah, Baitul Maal dan Baitul Tamwil sebaiknya harus berjalan bersama, Kebanyakan diantara BMT masih berfokus terhadap Baitul Tamwil, sehingga Baitul Maal sedikit tertinggal, maka dari itu harapan pasca Ikosindo Summit 3 ini adalah terkelolanya baitul maal dan tamwil secara tawazun (seimbang). Terlaksananya presentasi bagi BMT yang mengajukan ijin menjadi nadzir wakaf ke Kementerian Koperasi Deputi Pembiayaan adalah salah satu usaha Ikosindo untuk membantu mewujudkan keseimbangan antara baitul maal dan baitul tamwil dalam koperasi syariah.

Beberapa hari setelah kegiatan Ikosindo Summit 3, sejumlah BMT telah melaksanakan silaturahim untuk bersinergi berdiskusi terkait program dalam masing-masing BMT, BMT yang bagus dalam pengelolaan maal berdiskusi dengan BMT yang bagus dalam pengelolaan tamwilnya, maupun sebaliknya. Seperti yang dilaksanakan salah satu BMT pasca kegiatan Ikosindo Summit 3 ini. Pengelola BMT Bekasi melakukan silaturrahim ke BMT Permata Jawa Timur.

Bersama mari Kita Mengatur Nafas, Menata Irama, Membakar Semangat yang Bergelora. Karena, jika bukan kita yang mengambil peran, maka peran itu akan diambil oleh yang lain. Menjalin Sinergi Mandiri bersama Koperasi Syariah. (MAH)

Related posts

Leave a Comment